[wz fa-play-circle-o] Pilihan

Informasi Aktual

Diklat Penyusunan RENSTRA Perangkat Daerah Pemerintah Kota Banjarmasin

0
Pelatihan dan Penyusunan, Pengendalian dan Evaluasi Dokumen RENSTRA Perangkat Daerah di Lingkungan Pemerintah Kota Banjarmasin

Batu - Malang - Kamis, 29 September 2016, Acara Pelatihan dan Penyusunan, Pengendalian dan Evaluasi Dokumen RENSTRA Perangkat Daerah di Lingkungan Pemerintah Kota Banjarmasin dimulai dengan Pembukaan yang disampaikan oleh Kepala Badan Kepegawaian Daerah, Pendidikan dan Pelatihan (Drs. Akhmad Husaini, M.M.) dan Ketua LPPM (Guru Besar) Universitas Brawijaya (Prof. Dr. Ir. Woro Busono, M.S.).

Pembukaan
Peresmian
Kemudian berlanjut pada sesi pertama dengan penyampaian materi oleh Dr. Fadillah Amin, M.AP., Ph.D. dan Arik Prasetyo, M.Si., Ph.D. Poin materi pertama "Penyusunan Dokumen RENSTRA" yang diawali dengan Penyusunan BAB Pendahuluan, Gambaran Umum Perangkat Daerah (Tupoksi dan Bagan Organisasi, Sumberdaya, Sarana dan Prasarana kerja utama, Kinerja Pelayanan Perangkat Daerah, Tantangan dan peluang pengembangan pelayanan Perangkat Daerah).

Dilanjutkan sesi kedua pada penyusunan Isu-Isu Strategis berdasarkan tupoksi Perangkat Daerah (Identifikasi permasalahan berdasarkan tupoksi, Telaahan visi, misi dan program kepala daerah dan wakil kepala daerah, Telaahan RENSTRA Perangkat Daerah, Telaahan RTRW dan Kajian Lingkup Hidup Strategis). Dilanjutkan dengan materi Visi, Misi, Tujuan dan Sasaran, Strategi dan Kebijakan Perangkat Daerah dengan sub isian Visi dan Misi Perangkat Daerah, Tujuan dan Sasaran jangka menengah Perangkat Daerah dan Strategi dan Kebijakan Perangkat Daerah.

Pada hari berikutnya (Jum'at, 30 September 2016), dengan pemateri yang sama membahas penyusunan rencana program, penyusunan kegiatan, penyusunan indikator kinerja, penentuan kelompok sasaran dan pendataan indikatif. Untuk materi pertama ditutup dengan pembahasan Indikator Kinerja Perangkat Daerah yang mengacu pada tujuan dan sasaran RPJMD serta penyusunan BAB Penutup.

Sesi kedua pada hari kedua dengan pemateri Dr. Hamidah, M.Si. adalah tentang materi kedua yaitu Pengendalian RENSTRA dan materi terakhir tentang Evaluasi RENSTRA.

Meskipun bimtek RENSTRA dilaksanakan dengan waktu yang cukup singkat, namun besar harapan dapat menjadi dasar penyusunan RENSTRA Perangkat Daerah yang baik dan sesuai peraturan bagi seluruh Perangkat Daerah di Lingkungan Pemerintah Kota Banjarmasin.

Menandai berakhirnya penyelenggaraan Pelatihan dan Penyusunan, Pengendalian dan Evaluasi Dokumen RENSTRA Perangkat Daerah di Lingkungan Pemerintah Kota Banjarmasin, Sekretaris LPPM Universitas Brawijaya (Dr. Ir. H. Maftuch, M.Si.) yang didampingi oleh Ketua Kelompok Jabatan Fungsional Pengabdian LPPM Universitas Brawijaya (Dr. Ir. Atiek Iriany, M.S.) menutup acara tersebut secara resmi.

Registrasi Peserta Bimtek/Diklat RENSTRA

Foto bersama pada akhir hari pertama Bimtek/Diklat RENSTRA
Penyerahan Sertifikat Simbolis (Penutupan)
Penutupan


Download
Materi Penyusunan RENSTRA
Materi Pengendalian dan Evaluasi RENSTRA
Contoh Penetapan Target dan Penghitungan Realisasi RENJA RENSTRA
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar Yang Anda Sukai

No comments