[wz fa-play-circle-o] Pilihan

Informasi Aktual

Kajian Inventarisasi Karakteristik Ruang Sungai dalam Rangka Optimasi Potensi Sungai di Kota Banjarmasin

0

KAJIAN INVENTARISASI KARAKTERISTIK RUANG SUNGAI DALAM RANGKA OPTIMASI POTENSI SUNGAI DI KOTA BANJARMASIN

(Tahun 2019)



Tim Peneliti

Tim Kajian Fakultas Teknik Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin

 

Ringkasan

-  Penelitian ini menggunakan analisis pada ruang atas dan ruang bawah sungai. Pada ruang atas sungai digunakan Analisis Ruang Kawasan sedangkan pada ruang bawah sungai digunakan Analisis Batimetri (studi kedalaman sungai), juga dilakukan Analisis Karakter Kawasan

-  Cakupan studi ini secara khusus akan menggali karakteristik tipe Sungai Sedang (SS), terutama 5 (lima) ruang sungai yang mampu mewakili sungai lainnya di Kota Banjarmasin, yaitu Sungai Kuin Kacil, Sungai Awang, Sungai Anjir Mulawarman, Sungai Pelambuan dan Sungai Pekapuran yang merupakan proyeksi konsentris ruang sungai mulai dari konteks rural hingga pusat kota.

-  Setiap sungai memiliki karakteristik serta potensi yang berbeda satu sama lain, oleh karena itu penanganan dan pengembangannya hendaklah mengikuti kebutuhan.

1. Sungai Kuin Kacil, dengan karakter alamiahnya, konektivitas serta tipe riverfront yang kuat, menjadikannya layak untuk dikembangkan menjadi area Cultural Education Environtment Riverfront.

2. Sungai Awang, memiliki karakter aktivitas, lingkungan permukiman, dan alamiah yang kuat sehingga berpotensi untuk dikembangkan menjadi area Working Riverfront dan Residential Riverfront.

3. Sungai Anjir Mulawarman, memiliki karakter alami, konektivitas dan riverfront yang kuat, sehingga berpotensi untuk dikembangkan menjadi area Natural Riverfront.

4. Sungai Pelambuan, dapat dikatakan memiliki karakter aktivitas dan lingkungan perumahan yang kuat sehingga berpotensi untuk dikembangkan menjadi area Working Riverfront dan Commercial Riverfront.

5. Sungai Pekapuran, memiliki karakter lingkungan permukiman dan aktivitas yang dominan sehingga berpotensi untuk dikembangkan menjadi area Working Riverfront.

 

 

Rekomendasi Kajian

1. Pengembangan Open Space. Adanya Siring dan turap yang menghalangi daur hidup biotik dan siklus rantai makanan perlu disetting agar desainnya ramah lingkungan. Metode kombinasi antara siring alam yang diwakili perakaran pohon mangrove dengan siring buatan perlu diterapkan ke ruang sungai agar tercipta ekosistem sungai yang sehat dan memiliki daya dukung tinggi.

2. Pengembangan Fungsi Lahan. Hendaknya pertumbuhannya tidak berada di atas ruang sungai, namun berkembang bersama secara berdampingan dengan potensi sungainya.

3. Pengembangan Bentuk dan Massa Bangunan. Bangunan yang sudah terlanjur ada diberlakukan pembatasan ketat agar pertumbuhan bangunan di atas air tetap dalam kondisi stagnan.

4. Pengembangan Jalur Transportasi Sungai. Infrastruktur jembatan sungai-sungai besar hingga sungai sedang struktur tiangnya ditinggikan agar mampu melayani lintasan transportasi lokal.

5. Pengembangan Aktivitas Kawasan Ruang Sungai. Diperlukan penekanan rekreatif pada penataan masing masing ruang sungai yang dapat menyatu dengan unsur yang formal ataupun unsur ekosistem.

 

-  Untuk tipe yang hulunya berupa Sungai Besar (SB) dan juga bermuara ke SB (atau sebaliknya) maka selain fungsi utama sebagai drainase primer perkotaan dan jalur wisata kota, dapat dikembangkan potensinya dengan cara Konservasi Bantaran untuk memperkuat Karakter Bantaran Sungai. Untuk tipe yang hulunya berupa SB dan bermuara ke Sungai Sedang (SS) (atau sebaliknya) juga berlaku hal yang sama.

-    Untuk tipe yang hulunya berupa SB dan bermuara ke Sungai Kecil (SK) (atau sebaliknya) maka selain fungsi utama sebagai drainase sekunder perkotaan, dapat dikembangkan potensinya melalui konsep Kampung Tematik dengan mendesain permukiman tepian sungainya berorientasi dua muka (Jalan dan Sungai), hal ini juga bertujuan untuk memperkuat Karakter Bantaran. Untuk tipe yang hulunya berupa SS dan bermuara ke SK (atau sebaliknya) juga berlaku hal yang sama.

 

 SKPD terkait

-    Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang

-    Dinas Lingkungan Hidup

-    Dinas Perumahan dan Permukiman

-    Dinas Penanaman Modal dan Perizinan Terpadu Satu Pintu

-    Dinas Perhubungan

-    Dinas Kebudayaan dan Pariwisata


Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar Yang Anda Sukai

No comments