[wz fa-play-circle-o] Pilihan

Informasi Aktual

Kajian Tentang Pasar, Desain dan Perkembangan Teknologi Ekonomi Kreatif

0

KAJIAN TENTANG PASAR, DESAIN DAN PERKEMBANGAN TEKNOLOGI EKONOMI KREATIF

(Tahun 2019)

Tim Peneliti

-  Tim Kajian Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin

-  Tim Peneliti Badan Penelitian dan Pengembangan Daerah Provinsi Kalimantan Selatan

 

 

Ringkasan

1. Perkembangan ekonomi kreatif cukup berpengaruh pada pembangunan ekonomi negara maju maupun berkembang. Di mana kearifan lokal seringkali diangkat sebagai salah satu tema utamanya.

2. Secara umum di Kal Sel, perda maupun perbup yang mengatur secara khusus dan spesifik mengenai ekonomi kreatif belum ada

3. Pembinaan yang diberikan kepada para pelaku ekonomi kreatif juga belum merata

4. Sarana pemasaran berupa ruang promosi khusus produk industri kreatif belum terkelola baik.

5. Di Banjarmasin, komoditas unggulan dari ekonomi kreatif adalah sasirangan pewarna alam.

6. Secara umum, berdasarkan survey kajian ini, preferensi konsumen berbeda sesuai dengan usia. Konsumen berusia muda lebih menyukai batik, yang lebih tua lebih menyukai sasirangan.

7. Untuk membeli sasirangan, sebagian besar masih melakukan secara offline. Pangsa pasar online perlu dikembangkan untuk memperluas wilayah pemasaran.

8. Kondisi pasar Sasirangan tradisional yang sejatinya besar, masih dukuasai oleh produk kerajinan yang lebih dulu ada.

 

 

Rekomendasi Kajian

1. Pasar kain kerajinan tradisional sangat besar namun sudah dikuasai oleh produk yang lebih dulu hadir.  Begitu juga di Kal Sel, kuatnya posisi kain sasirangan berpewarna sintetis mengakibatkan sulitnya perkembangan kain sasirangan pewarna alam.

2. Hasil kajian ini menegaskan bahwa pasar yang pas untuk kain sasirangan pewarna alam adalah dengan menempatkannya sebagai produk premium.

3. Perlu melakukan pemasaran yang intensif  melalui chanel-chanel yang tersedia, dengan tetap menyediakan gerai  agar calon pembeli bisa melihat dan menyentuh langsung produk yang akan dibeli.

4. Pertimbangan utama konsumen dalam memilih produk sasirangan adalah kombinasi warna dan motif.  

 

 

SKPD terkait

-   Dinas Perdagangan dan Perindustrian

-   Dinas Koperasi, Usaha Mikro dan Tenaga Kerja

Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar Yang Anda Sukai

No comments